Langsung ke konten utama

Pengertian dan Cara Kerja Modem

PENGERTIAN SERTA CARA KERJA MODEM

Modulator Demodulator merupakan singkatan dari Modem. Dari kedua kata tersebut, masing-masingnya memiliki arti. Modulator yang diartikan disini adalah bagian yang dapat mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa. Dan Demodulator adalah bagian yang memisahkan kedua sinyal dari modulator yang diterima dengan baik. Sebagai alat teknologi canggih, Modem dapat didefinisikan sebagai alat komunikasi dengan dua arah.

BERBAGAI MACAM JENIS MODEM

Modem memiliki berbagai macam jenis lengkap dengan kelebihan dan kelemahan seperti apa yang akan diuraikan dibawah ini seperti:

A. Modem eksternal

Yang dimaksudkan dengan modem eksternal adalah sebagai alat yang berguna untuk mengakses internet dari komputer dengan bentuk sinyal digital kemudian mengubahnya menjadi sinyal analog. Dan apabila modem menerima data dari sinyal analog yang kemudian mengubahnya menjadi sinyal digital.

Kelebihan
Kemampuannya yang sangat baik dan mudah untuk dipindahkan pada komputer lain.
Tidak perlu menggunakan slot ekspansi sehingga pemakaiannya bisa untuk keperluan lain apalagi jika penggunaan mainboard menyediakan sedikit slot slot ekspansi.
Memiliki lampu indikator untuk mencari tau status modem.

Kelemahan
Jika dibandingkan dengan modem internal, modem eksternal dikatakan lebih mahal.
Walaupun dengan bentuknya yang kecil, ini diletakkan secara tersendiri.

B. Modem internal

Ini merupakan perangkat jaringan yang berbeda dengan modem eksternal dimana modem internal tidak memiliki lampu indikator sebagai alat informasi untuk pengguna terhadap perubahan atau status modem.

Kelebihan
Tidak memakan tempat atau hemat tempat.
Harganya tidak tinggi meliankan ekonomis.
Ini tidak memerlukan adaptor dikarenakan telah terpasang dalam CPU.
Tidak membutuhkan banyak kabel.

Kelemahan
Tidak memiliki indikator seperti pada modem eksternal sehingga status modem tak dapat diketahui.
Modem internal dapat mempengaruhi suhu pada kotak CPU karena adanya pengaruh panas pada modem internal.

C. Modem ISDN

Integrated Services Digital Network merupakan singkatan dari modem ISDN yang dianggap sebagai sistem telekomunikasi berupa data, suara dan juga gambar yang kemudian disatukan kedalam jaringan.

Kelebihan
Memiliki kecepatan yang berkualitas pada pengiriman data.
Terbilang efisien dimana bisa mengirimkan segala jenis layanan.
Single interface untuk terminal bervariasi.
Butuh hanya satu terminal pada audio dan vidio.
Untuk telepon dan data, setiap pelanggan bisa menggunakan ISDN.
Koneksi full digital.

Kelemahan
Tidak semua wilayah memiliki layanan tersebut.
Jaraknya tidak melebihi 5.5 km.
Memerlukan daya ekternal.
Tidak akan berfungsi apabila kehilangan daya.

D. Modem GSM

Ini merupakan jenis modem sebagai sistem media dengan menggunakan telepon untuk memberikan data. Ini biasanya menggunakan kartu dengan sifat GSM.

Kelebihan
Memiliki jaringan yang sangat luas.
Harganya yang relatif murah.

Kelemahan
Jalurnya yang tidak terpisah mengakibatkan ketidakstabilan konektivitas.
Mahalnya harga langganan.

E. Modem analog

Yang dimaksudkan dengan modem analog disini adalah penerimaan data dari jaringan transmisi data yang kemudian mengubahnya menjadi data digital atau juga sebaliknya pada komputer.

Ini dianggap sebagai modem yang sama dengan modem dial-up dengan bentuk sinyal analog yang kemudian mengubahnya menjadi sinyal digital.

Kelebihan
Penggunaannya lebih mudah.
Modem dial-up sudah terpasang hampir semua PC dan laptop.

Kelemahan
Kecepatannya hanya sekitar 12 sampai 20 Kbps.
Apabila dial-up terkoneksi bersamaan dengan telepon rumah, maka internet akan terputus.

F. Modem ASDL

ASDL adalah singkatan dari Asymetric Digital Subscribe Line. Ini merupakan suatu alat mengakses internet dan dengan secara bersamaan dengan menggunakan telepon analog. Ini dibantu dengan alat yang namanya Splitter yang berfuingsi sebagai pencegah atau menghilangkan gangguan dan dapat digunakan secara bersamaan. Ini artinya bisa menggunakan internet dan telepon dengan berasamaan.

Kelebihan
Ini memiliki dua frekuensi seperti frekuensi tinggi sebagai penghantar data dan frekuensi rendah yang dapat menghantar suara dan fax.
Apabila jika menggunakan Speedy, ASDL menjadikan internet jauh lebih murah tanpa harus risau dengan tagihan yang mahal.

Kelemahan
Jarak pengiriman data akan terpengaruh. Ini artinya jarak antara modem semakin jauh dengan PC dengan gardu telepon maka kecepatan internetnya semakin lambat.
Modem ASDL tidak dapat digunakan oleh semua software.
Keceptan ASDL tergantung terhadap jarak telkom.

G. Modem kabel

Ini adalah modem yang berguna sebagai penerima data langsung melalui TV kabel.

Kelebihan
Dapat digunakan tanpa batas.
Tidak berlakunya tambahan biaya karena dalam sistem bayaran bulanan.
Dapat digunakan kapan saja tanpa takut pada saat jam sibuk.

Kelemahan
Jaringannya masih terbatas.
Harganya yang termasuk mahal.

H. Wireless modem

Wireless atau yang disebut sebagai nirkabel adalah penghubung dua perangkat atau piranti dengan bertukar data tanpa adanya kabel. Ini dilakukan dengan cara menukarkan gelombang cahaya atau gelombang radio dengan frekuensi tertentu.

Kelebihan
Tanpa perlu menggunakan kabel panjang.
Dalam mengirim data, memiliki kecepatan yang stabil.
Dapat digunakan pada berbagai perangkat seperti smartphone dan laptop.
Dapat digunakan pada jaringan perangkat lunak atau portable.
Membantu kekuatan sinyal dapat menggunakan antenna dan penguat sinyal.

Kelemahan
Dapat mengeluarkan biaya yang mahal.
Sinyal tergantung dari suasana cuaca.
Tembok dapat mempengaruhi kekuatan sinyal.

I. Modem CDMA

Ini adalah modem yang menggunakan jaringan atau frekuensi CDMA dengan kekuatan berkisar 800 MHz. Namun modem yang terbarunya sudah menggunakan frekuensi EVDO Rev-A yang sama dengan jaringan 3G.

Kelebihan
Koneksinya satbil.
Dikatakan dengan harga perbulannya sangat murah.

Kelemahan
Peralatannya sangat mahal.
Jaringannya belum terlalu luas atau terbatas.

FUNGSI MODEM

Dari berbagai macam jenis modem yang telah disebutkan diatas lengkap dengan kelebihan dan kelemahannya, modem juga memiliki fungsi apa yang telah disebutkan seperti yang ada di bawah ini.

1. Sebagai penghubung perangkat pada jaringan.
2. Melakukan kegiatan modulasi dan demodulasi.
3. Dapat memeriksa paket data serta komunikasi.
4. Dapat memadatkan data.

Secara umum, modem dapat berfungsi sebagai suatu perangkat yang dapat mengubah komunikasi dua arah dengan mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan juga bisa mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.

KOMPONEN MODEM

Modem juga memiliki komponen yang sangat penting untuk kita ketahui seperti yang akan dijelaskan dibawah ini.

1. Network interface card
NIC merupakan singkatan dari Network Interface Card dengan fungsi sebagai penghubung antar komputer. Setelah pemasangan card, lalu memasang kabel jaringan pada NIC yang bertujuan agar dapat terhubung dari satu komputer ke komputer lainnya.

2. Repeater
Ini digunakan sebagai penguat sinyal digital. Pada saat menerima sinyal, kekuatan sinyal akan bertambah. Ini juga dapat digunakan sebagai penghubung media yang berbeda asalkan metode aksesnya sama.

3. HUB
Ini adalah hardware tambahan yang disambungkan ke komputer atau sebagai jaringan sebagai pusat untuk menyatukan kabel agar dapat menjangkau jarak yang jauh. Ini berfungsi sebagai pengatur data dan juga untuk menguatkan sinyal. Dikatakan, HUB memiliki lubang pada bagian belakangnya dengan apa yang disebut sebagai port.

4. Switch
Fungsi dari salah-satu komponen modem ini sebagai penggabung jaringan wilayah local. Selain itu, kemampuannya juga lebih dari apa yang dimiliki repeater atau HUB yang tidak hanya sebagai penghubung antar jaringan saja, tetapi juga dapat mengatasi masalah yang berasal dari HUB dan repeater.

5. Acces point
Ini memiliki fungsi yang sama dengan HUB dimana penggunaan acces point sebagai penghubung media yang menggunakan wirelles.

6.. Bridge
Bridge dikatakan sebagai komponen modem yang fleksibel dan cerdas apabila dibandingkan dengan repeater. Untuk mengirim data, ini menggunakan CSMA atau CD seperti apa yang digunakan network interface.

7. Router
Router yang dimaksudkan disini adalah komponen modem yang lebih cerdas dari yang lainnya. Router memiliki tugas utama dengan melewatkan data yang memiliki alamat network berbeda. Tidak hanya itu, ia juga mampu mengelola segmen jaringan fisik atau colision domain dan juga pengelolaan broadcast domain. Broadcast domain disini adalah jaringan komputer yang saat melakukan pengiriman data maka komputer akan menerima dan memproses data tersebut.

CARA KERJA MODEM

Setelah membahas fungsi dari modem, selanjutnya akan membahas bagaimana cara modem bekerja seperti penjelasannya di bawah ini.

Berdasarkan fungsinya, modem dapat mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya. Pada saat penyambungan komputer ke kabel telepon untuk dijadikan sebagai internet, maka komputer akan mengupload atau mengirim data dan kemudian data pada bentuk digital dimana modem akan mengubahnya menjadi analog yang dikirim dari kabel telepon atau yang lainnya. Pada saat data tersebut tertuju, lalu modem kembali mengubahnya dalam bentuk data analog menjadi digital.

Begitu juga saat mendownload data dengan bentuk analog, agar dapat ditampilkan, dengan seketika modem mengubahnya menjadi digital. Inilah yang menyebabkan mengapa internet diseluruh dunia saling dapat berinteraksi dengan baik satu sama lain.

Sumber : http://www.sfdcs.org/technologi/pengertian-serta-cara-kerja-modem/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INSTALASI DEBIAN dan KONFIGURASI IP ADDRESS PADA VMWARE

Hallo guys ketemu lagi dengan aku dalam blog yang membahas sedikit materi tentang Administriasi Sistem Jaringan. Setelah beberapa minggu aku tidak mengisi blog ini, akhirnya hari ini aku bisa kembali dengan konten yang sedikit berbeda dan lebih bermanfaat, maybe. Di blog kali ini, aku akan menmberikan sedikit tutorial tentang bagaimana cara menginstall Debian dan mengkonfigurasi IP Address pada VMware. Semoga konten ini bermanfaat bagi kalian:), selamat membaca. Cara Install Debian Pada VMware 1. Buka aplikasi VMware yang sudah terinstal 2. Buat virtual baru dengan cara klik  Create a New Virtual Machine  atau bisa juga dengan cara klik  File  →  New  →  Virtual Machine Wizard 3. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Pilih  Typical (recommended)  →  Next  4. Setelah itu masukkan ISO Debian yang akan kalian gunakan. Pilih  "Installer disc image file (iso)"  → Klik  Browse 5. Masukkan ISO Debian dengan cara klik  Browse  kemudian

KONFIGURASI PROXY SERVER PADA VMWARE

Hallo teman-teman, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial tentang konfigurasi Proxy Server pada VMware. Tapi sebelum menuju konfigurasinya saya akan membahas sedikit apa itu Proxy Server? Selamat membaca:). Apa itu Proxy  Server? Proxy server adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request content dari Internet atau intranet. Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia ini Internet untuk setiap komputer klien. Web server yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari proxy server. Proxy server juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik (seperti halnya Internet). Proxy server memiliki lebih banyak fungsi daripada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroper

Pengertian Scanner, Sejarah, Jenis, Fungsi, Dan Cara Kerjanya

Apa Itu Scanner??? Scanner merupakan sebuah perangkat tambahan pada komputer yang mana memiliki kegunaan untuk memindai sesuatu berupa gambar foto, atau juga bisa berupa dokumen yang mana nantinya akan diimport ke dalam komputer dan ditampilkan melalui monitor dalam bentuk digital. Sebagaimana arti kata kerja aslinya, yakni ‘to scan’ yang artinya memindai, alat ini bekerja dengan cara memindai setiap bagian lembaran yang menjadi inputnya hingga tidak ada bagian yang tersisa. ‘Bahan baku’ yang diolah oleh scanner merupakan lembaran berkas tipis kasat mata. Setelah lembaran tersebut dipindai, maka keluaran yang diperoleh memiliki bentuk berupa berkas visual berbentuk digital yang ukuran maupun kualitasnya dapat diubah guna mencapai kualitas yang diinginkan oleh penggunanya. Jika kita lihat, sepintas scanner ini memiliki kesamaan dengan mesin fotocopy yang mana juga bekerja dengan cara memindai sesuatu berupa gambar maupun dokumen yang mana nantinya akan didupl