Langsung ke konten utama

Pengertian Flashdisk, Sejarah, Cara Kerja dan Fungsinya

Pengertian Flashdisk

Flashdisk adalah sebuah media untuk menyimpan data secara portable yang bisa disambungkan dengan port USB pada sebuah komputer atau laptop.

Sejarah Flashdisk

Flashdisk yang merupakan media penyimpanan pada mulanya tidak terlalu dipentingkan seperti sekarang ini. Ketika pertama muncul flashdisk memiliki ukuran yang kurang dari setengah giga atau hanya 512 MB.

Ukuran tersebut lebih kecil daripada ukuran CD atau DVD yang berukuran 700 MB. Dengan seiring berjalan waktu hingga terus mengalami kemajuan teknologi keberadaan dari flashdisk ini menjadi sesuatu yang wajib dibawa.

Mengingat jika ada orang belum mempunyai laptop atau komputer maka dia bisa membeliflashdisk untuk mendukung kinerja aktivitasnya seperti sekolah, berkerja, dan lain sebagainya.

Saat ini flashdisk tela mengalami kemajuan dan peningkatan dalam ukuran mulai dari 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, 64GB, 128GB bahkan hingga ada yang berkapasitas 1TB.

Dengan kapasitas yang terus meningkat maka tidak perlu lagi menggunakan media penyimpanan seperti disket yang saat ini susah untuk ditemui. Saat ini dipasaran sudah banyak beredar berbagai merk flashdisk dengan berbagai ukuran kapasitas penyimpanan.

Ukukran flashdisk yang kecil dan simple menjadi pertimbangan prang agar mudah dalam membawa dan ringan. Flashdisk juga merupakan perangkat keras yang bersifat non volatile, yang artinya data yang tersimpan tidak tidak dapat hilang walaupun flashdisk dicabut atau tidak memiliki aliran listrik.

Di sebagian memori internal komputer kadang-kadang data yang sudah disimpan akan hilang pada saat komputer dimatikan. Lebih dari itu flashdisk sangat efiktif dan efisien sebab data yang tersimpan dapat diubah setiap waktu.

Cara Kerja Flashdisk

Flashdisk dapat digunakan dengan mudah, cara kerjanya cukup denganmenancapkan flashdisk ke port USB pada laptop atau komputer hingga muncul keterangan atau pemberitahuan di MY Computer bahwa flashdisk sudah terbaca.

Jika sudah terbaca maka anda dapat dengan mudah menggunakan flashdisk atau membuka file yang berada didalamnya.

Fungsi Flashdisk

USB flash drive mempunyai fungsi untuk menyimpan file. Adapun fungsinya juga dapat untuk menyimpan data berupa tulisan, gambar, mp3, video serta aplikasi perangkat lunak (software). Selain dapat menyimpan, flashdisk juga dapat digunakan untuk memindahkan file yang ada didalamnya ke komputer atau laptop.

Flashdisk juga dapat digunakan untuk instalasi system operasi windows atau linux jika dibuat bootable. Digunakan untuk menyimpan data-data penting lainnya.

Dengan dapat menyimpan file, maka keberadaan flashdisk akan memudahkan pekerjaan. Bentuknya yang kecil dan ringan sangat tepat untuk berbagai kebutuhan dari pelajar, mahasiswa, pekeja dan masyarakat umum karena mudah dibawa kemanapun.

Kebutuhan untuk memindahkan berbagai jenis file yang bertujuan untuk melakukan beckup data juga semakin dimudahkan karena fungsinya yang konpatible di semua perangkat. Selain pada komputer atau laptop, flashdisk juga dapat dipakai untuk menyimpan lagu-lagu atau DVD player.

Kelebihan dan Kekurangan Flashdisk

Flashdisk yang merupakan media penyimpanan yang simpel serta efisien memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal tersebut memberikan informasi atau hal yang harus dipertimbangkan ketika ingin membeli flashdisk. Adapun kelebihan dan kekurangan dari flahdisk antara lainya;

Kelebihan Flashdisk
  • Memiliki ukuran yang kecil dan simpel tetapi bisa menyimpan file yang berukuran besar. Semakin besar kapasitas flashdisk maka akan dapat menyimpan file yang banyak, namun bentuknya tetap kecil. Hal ini merupakan daya tarik dari Flashdisk sehingga banyak orang menggunakannya.
  • Flashdisk bisa dipakai sebagai media instalasi windows dengan membuatnya Bootable Windows.
  • Mudah digunakan dan tidak membutuhkan instalasi dan juga tidak memerlukan waktu yang lama.
  • Dengan penggunaan yang benar tentu saja akan membuat umur flashdisk awet. Serta akan meminimalisir kemungkinan terserang virus yang berasal dari komputer atau internet. Sangatlah hati-hati dalam mencabut flashdisk dari komputer agar data yang ada didalamnya rusak atau tidak tersimpan dengan baik.
  • Harganya terjangkau. Hal ini membuat flashdisk dapat dibeli oleh kalangan bawah, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Kekurangan Flasdisk 
  • Ukuran yang kecil membuat flashdisk harus hati-hati untuk dibawa karena bisa saja hilang atau terjatuh dijalan.
  • Selain bisa saja hilang atau terjatuh, flashdisk juga harus disimpan dan dijauhkan dari air atau api. Karena jika flashdisk terkena air seperti ikut dicuci dapat merusak atau konsleting pada saat digunakan di komputer.
  • Penggunaan flashdisk pada anak-anak harus dibawah pengawasan orang tua agar tidak disalahgunakan untuk menyimpan file-file seperti film porno, atau gambar-gambar yang tidak layak dilihat untuk seusia anak kecil.


Jenis-Jenis Flashdisk

Flashdisk memiliki jenis yang bisa dibedakan dalam beberapa hal antara lain:

Bentuk

Flashdisk memiliki bentuk yang beragam, dari bentuk yang standar, unik seperti tokoh kartun, gelang, kendaraan dan hiasan. Sehingga flashdisk yang beredar dipasaran juga beragam bentuknya.

Ukuran

Flashdisk yang beredar dipasarang memiliki ukuran yang berbeda-beda dari 2Gb, 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, 64GB bahkan hingga 1B>

Merek

Terdapat banyak merk flashdisk yang banyak dijual dipasaran, seperti Crosair, Sony, Samsung, Scandisk, Toshiba, Kingston, Adata, HP, Philips dan lain-lain.

Jenis Port USB

Flashdisk saat ini telah banyak jenis port usb. Untuk yang terbaru ada flashdisk dengan port USB Type C. Sedangkan yang umum beredar antara lain dengan port USB 2.0, USB 3.0, USB micro-B.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

INSTALASI DEBIAN dan KONFIGURASI IP ADDRESS PADA VMWARE

Hallo guys ketemu lagi dengan aku dalam blog yang membahas sedikit materi tentang Administriasi Sistem Jaringan. Setelah beberapa minggu aku tidak mengisi blog ini, akhirnya hari ini aku bisa kembali dengan konten yang sedikit berbeda dan lebih bermanfaat, maybe. Di blog kali ini, aku akan menmberikan sedikit tutorial tentang bagaimana cara menginstall Debian dan mengkonfigurasi IP Address pada VMware. Semoga konten ini bermanfaat bagi kalian:), selamat membaca. Cara Install Debian Pada VMware 1. Buka aplikasi VMware yang sudah terinstal 2. Buat virtual baru dengan cara klik  Create a New Virtual Machine  atau bisa juga dengan cara klik  File  →  New  →  Virtual Machine Wizard 3. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Pilih  Typical (recommended)  →  Next  4. Setelah itu masukkan ISO Debian yang akan kalian gunakan. Pilih  "Installer disc image file (iso)"  → Klik  Browse 5. Masukkan ISO Debian dengan cara klik  Browse  kemudian

KONFIGURASI PROXY SERVER PADA VMWARE

Hallo teman-teman, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial tentang konfigurasi Proxy Server pada VMware. Tapi sebelum menuju konfigurasinya saya akan membahas sedikit apa itu Proxy Server? Selamat membaca:). Apa itu Proxy  Server? Proxy server adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request content dari Internet atau intranet. Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia ini Internet untuk setiap komputer klien. Web server yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari proxy server. Proxy server juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik (seperti halnya Internet). Proxy server memiliki lebih banyak fungsi daripada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroper

Pengertian Scanner, Sejarah, Jenis, Fungsi, Dan Cara Kerjanya

Apa Itu Scanner??? Scanner merupakan sebuah perangkat tambahan pada komputer yang mana memiliki kegunaan untuk memindai sesuatu berupa gambar foto, atau juga bisa berupa dokumen yang mana nantinya akan diimport ke dalam komputer dan ditampilkan melalui monitor dalam bentuk digital. Sebagaimana arti kata kerja aslinya, yakni ‘to scan’ yang artinya memindai, alat ini bekerja dengan cara memindai setiap bagian lembaran yang menjadi inputnya hingga tidak ada bagian yang tersisa. ‘Bahan baku’ yang diolah oleh scanner merupakan lembaran berkas tipis kasat mata. Setelah lembaran tersebut dipindai, maka keluaran yang diperoleh memiliki bentuk berupa berkas visual berbentuk digital yang ukuran maupun kualitasnya dapat diubah guna mencapai kualitas yang diinginkan oleh penggunanya. Jika kita lihat, sepintas scanner ini memiliki kesamaan dengan mesin fotocopy yang mana juga bekerja dengan cara memindai sesuatu berupa gambar maupun dokumen yang mana nantinya akan didupl